Tips Membuat Design Rumah Kos Yang Nyaman

Banyak sekali pendatang yang berada di perkotaan. Mereka pasti akan mencari tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau, salah satunya adalah rumah kost.

Rumah kos adalah sebuah bisnis jasa yang menawarkan kamar atau tempat tinggal untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu dalam setiap periode tertentu.

Biasanya pembayaran tempat kos dilakukan per bulan. Pembayaran per bulan ini termasuk biaya fasilitas air, listrik, atau bahkan fasilitas makan dan cuci sesuai perjanjian.

Bagi kalian yang ingin membuat usaha kos – kosan, kalian perlu mencari tempat yang strategis untuk dibangun rumah kos.

Misalnya dekat dengan kampus atau kantor. Tempat itu bisa kalian jadikan pilihan karena prospeknya sangat bagus.

Sketsa desain untuk rumah kos tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Rumah kos harus dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan untuk para penghuni kos.

Desain rumah kos yang sederhana juga merupakan bagian yang tidak bisa dilupakan. Namun, saat ini juga semakin banyak desain rumah kos yang dibuat dengan model modern.

Desain rumah kos juga harus sesuai dengan dana atua budget yang sudah kalian siapkan. Nah, untuk membuat design ini, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

1.Buat pondasi bertingkat, Pilih Gaya Minimalis dan Perhatikan Lokasi

Buat pondasi bertingkat, Pilih Gaya Minimalis dan Perhatikan Lokasi

Walaupun awalnya kalian hanya ingin membuat kos satu lantai, mintalah ahli bangunan membuat pondasi bangunan yang kuat untuk menopang 2-3 lantai.

Hal ini ditujukan jika kalian ingin menambah lantai untuk lebih banyak menampung penyewa, konstruksi bangunan kalian bisa tetap kokoh dan kuat. Tentunya lebih baik jika kalian memiliki perencanaan untuk mengembangkan rumah kos kalian.

Rumah kos dengan gaya yang minimalis selalu terlihat nyaman dan bersih. Rumah minimalis memang tidak berarti biaya pembuatannya minim, tetapi setidaknya rumah minimalis lebih ramah lingkungan dan biaya perawatannya lebih murah dibandingkan dengan membangun rumah bergaya klasik.

Pastikan kalian memilih lokasi rumah kos dengan lingkungan yang aman, dekat dengan area yang menjual makanan, warga sekitar yang ramah dan bersahabat, dan juga tidak terlalu terjepit di jalan kecil. Lokasi rumah kos di dalam gang juga bisa meningkatkan resiko kebakaran.

2.Lengkapi Kamar, Buat Area Terbuka, dan Ciptakan Lingkungan Nyaman dan Bersih

Desainlah setiap kamar dengan rancangan yang tepat melalui jasa desain rumah kost. Buatlah juga sirkulasi udara yang cukup untuk setiap kamarnya, supaya udara dapat berganti dan kamar terasa nyaman serta sejuk.

Sehingga keberadaan kipas angin tidak terlalu dibutuhkan atau bahkan tidak memakai kipas sama sekali dan kita juga bisa menghemat biaya listrik. Selain itu buatlah tempat parkir yang cukup yang disertai dengan pengamanan, sehingga penghuni kost akan merasa aman dan nyaman tinggal di rumah kost kita.

Pada setiap kamar hendaknya dilengkapi dengan jendela yang dapat dibuka untuk memperlancar sirkulasi udara.

Untuk desain kamar kost dengan dapur dan kamar mandi di dalam, maka perlu ada tambahan ventilasi dan angin-angin di dinding kamar mandi ataupun pada dapur tersebut. Apabila perlu, lengkapi dengan exhaust fan supaya aroma tidak sedap cepat keluar dari kamar.

Harga dari kamar kos bisa meningkat apabila kalian tidak membiarkan kamarnya kosong. Lengkapi kamar dengan furnitur sederhana, seperti ranjang, lemari kecil, dan WiFi.

Perhatikan juga area parkir untuk penyewa kos yang membawa kendaraan. Jangan biarkan kendaraan mereka terparkir berantakan di sepanjang jalan, karena selain tidak aman, juga akan menyulitkan akses jalan bagi warga sekitar.

Sebaiknya buatlah area terbuka untuk para penyewa kos menghilangkan penat dan menghirup udara segar. Jika luas area tidak memungkinkan untuk membuat halaman besar di depan kos, buatlah taman di area rooftop. Area rooftop ini juga dapat digunakan sebagai lokasi menjemur pakaian.

Saat akan membangun rumah kos, pastikan bahwa kalian sudah memikirkan bagaimana cara perawatan kos-kosan saat sudah jadi. Buatlah suasana dalam rumah kos senyaman mungkin agar para penyewa kos selalu merasa nyaman dan betah.

Kos juga harus dirawat sedemikian rupa agar selalu terjaga kebersihannya. Selain untuk menjaga kenyamanan penghuni kos, kebersihan juga akan membuat orang luar mudah tertarik dengan kos kalian.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kalian lakukan jika ingin membangun sebuah kos kosan. Semoga bermanfaat.

Tips Membuat Design Rumah Kos Yang Nyaman
Ditag di: