Tips Meningkatkan Tipografi Pada Desain

Tipografi lebih dari sekedar memilih jenis dan ukuran font dari pilihan menu di komputer kalian. Tipografi merupakan sebuah seni dan keahlian dengan sejarah panjang berabad ke belakang, dari masa huruf berbahan kayu dan metal digunakan untuk mesin cetak.

Selain kita bisa belajar mengenai sejarah panjang tipografi, kebanyakan dari kita juga bisa menggunakan beberapa tips praktis mengenai bagaimana membuat huruf terlihat lebih baik pada proyek sehari – hari seperti dalam resume, buletin, atau kartu nama.

Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan tipografi pada desain kita? Yuk simak di bawah ini.

1.Cocokan Rasa Dengan Pesan

Cocokan Rasa Dengan Pesan

Apakah kalian pernah merasa bahwa salah satu font terlihat lebih atau kurang dari font lainnya? Atau mungkin kalian punya font favorit yang selalu kalian gunakan di setiap kesempatan.

Apapun kasusnya, kalian tidak bisa memaksimalkan pilihan font yang ada. Hal ini terjadi karena setiap jenis huruf memiliki rasa atau sifatnya masing – masing.

Mungkin suatu font tampak bersahabat, mewah, serius, atau bahkan konyol. Namun, kebanyakan font tidak cocok untuk semua hal, jadi kal;ian perlu tahu bagaimana menentukan font yang paling berbicara untuk kalian dan yang paling cocok untuk desain kalian.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mendiskusikan beberapa karakteristik dan kualitas yang ingin dikomunikasikan oleh desain kalian.

Jika kalian memiliki konten yang sudah lebih dulu direncanakan, akan lebih baik. Karena, kalian bisa mencocokan pilihan font dengan tone yang sudah dibangun dalam teks.

Desainer huruf Eben Sorkin mengatakan bahwa setiap jenis huruf memiliki suaranya sendiri. Suara ini mempengaruhi apa yang kita rasakan mengenai teks saat kita membacanya namun kita juga bisa menyerap dan memproses informasi.

Jenis huruf juga bisa menjadi sebuah kekuatan untuk membuat segala bentuk teks komunikasi lebih efektif dan persuasif.

Saat sifat dari font yang digunakan cocok dengan sifat teks, orang akan bisa membaca teks tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

Saat jenis huruf ini tidak memilikinya, pembaca akan terganggu dan melambat. Semakin mudah kita membuat pengunjung membaca, maka akan semakin besar juga kemungkinan pembaca menemukan apa yang mereka cari, klik, beli, dan atau mengembalikan.

2.Cocokan Rasa Dengan Pembaca

Cocokan Rasa Dengan Pembaca

Jika kalian sudah memilih font dan kalian pikir font tersebut sudah sangat cocok dengan design kalian, maka sudah bagus.

Namun, tak semua orang akan membaca rasa dari font yang sama. Setelah memilih font yang cocok dengan desain kalian, maka kalian akan mau memastikan bahwa font itu cocok dengan target pembaca kalian.

Sebuah kelompok pembaca juga akan merasa bahwa suatu font yang trendi, sementara yang lainnya akan melihat jenis huruf yang sama sudah ketinggalan jaman.

Hal ini terjadi karena cara kita melihat font sangat dipengaruhi oleh hubungan kultural, yang berhubungan dengan umur dan lokasi.

Jadi, sensitiflah kepada perspektif demografis dalam mendesain dan mintalah pendapat lain dari seseorang dari kelompok tersebut jika kalian merasa ragu akan pilihan font akan sangat penting untuk membuat tipografi kalian menjadi seefektif mungkin.

Namun, bagaimana jika kita mengerjakan sebuah desain yang harus bercerita kepada sekelompok masyarakat yang lebih luas dan bukan yang spesifik?

Kalian mungkin mau memilih jenis huruf yang lebih netral, jenis yang tidak memiliki suatu sifat yang kentara, namun membaur dengan lingkungannya.

Jenis – jenis tipe font ini terkadang disebut sebagai jenis huruf workhouse, biasanya merupakan font serif dasar atau sans serif yang bisa digunakan hampir di manapun karena mereka tidak menarik terlalu banyak perhatian.

Yang paling bisa digunakan adalah yang memiliki beragam ukuran (seperti light, regular, medium, bold, atau heavy) dan gaya (seperti narrow, condensed, extended, atau small caps).

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan skill tipografi yang kalian miliki saat ini.

Tentu saja jika kita bisa meningkatkan tipografi saat ini akan lebih baik untuk design kita ke depannya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Tips Meningkatkan Tipografi Pada Desain