Tips Memilih Jasa Desain Interior Yang Cocok Untukmu!

Memilih jasa desain interior memang harus melalui beberapa pertimbangan kriteria yang matang. Tanpa adanya pertimbangan ini, kamu mungkin saja bisa menyesal di kemudian hari karena tidak cocok.

Sama seperti memilih pasangan hidup, interior rumah juga diperuntukkan untuk jangka waktu yang lama. Apalagi untuk sebuah hunian yang baru, interior pasti mulai dari nol dan lebih banyak hal yang dipertimbangkan.

Singkatnya, kamu butuh bantuan perancang interior untuk menempatkan perabot dan memadukan dekorasi ruangan dalam harmoni yang indah.

Nah, untuk itu, kalian perlu memilih desainer interior dengan hati – hati. Bagaimana cara memilihnya? Yuk simak di bawah ini.

1.Pahami Ekspektasimu Terlebih Dahulu dan Pilih Jasa Desain Interior dengan Reputasi Baik

Pahami Ekspektasimu Terlebih Dahulu dan Pilih Jasa Desain Interior dengan Reputasi Baik

Langkah awal harus dimulai dari diri kamu sendiri dulu karena ini faktor penting dalam memilih perancang interior yang tepat.

Sudahkah kamu punya ekspektasimu sendiri? Kalau iya, mungkin kamu telah punya banyak referensi sebelumnya. Maka kamu telah paham seperti apa desain yang kamu proyeksikan ke depannya.

Kalau kamu belum punya referensi desain, kamu bisa cari-cari dulu di internet atau nanti saja langsung berdiskusi dengan perancang. Nah, jangan lupa, pastikan ekspektasimu realistis dan sesuai dengan anggaran.

Setelah kamu sudah paham dengan ekspektasimu, saatnya mencari perancang interior. Dalam mencari perancang interior kamu harus memperhatikan reputasi dan pengalaman yang dimiliki.

Kamu bisa memastikannya dengan melihat portofolio dan ulasan terhadap sang perancang interior. Biasanya semakin lama jam terbang dan semakin besar reputasinya, biaya jasanya juga pasti semakin tinggi.

2.Memiliki Sistem yang Jelas dan Kredibilitas Tinggi dan Cermati Portofolio

Memiliki Sistem yang Jelas dan Kredibilitas Tinggi dan Cermati Portofolio

Ada dua jenis perancang desain interior, perancang independen dan perancang yang ada di bawah naungan perusahaan.

Orang lebih cenderung memilih perancang yang ada di bawah naungan perusahaan karena jelas sudah berbadan hukum dan mempunyai sistemnya sendiri.

Kejelasan sistem di sini mengacu pada masalah kontrak kerjasama dengan perjanjian di atas hitam putih dan keterbukaan anggaran. Bukan berarti kamu tidak bisa memilih perancang independen.

Perancang independen pun memiliki kualitas yang bagus dan tak jarang perancang ternama justru berdiri independen.

Maka dari itu kamu harus memperhatikan kredibilitas yang dimiliki karena ini akan berpengaruh besar dalam kerjasama nantinya.

Sebelum memutuskan untuk memilih jasa interior, sebaiknya kamu melihat portofolio milik perancang interior yang ingin kamu pilih.

Biasanya, perancang interior yang memiliki laman resmi pasti menampilkan portofolio mereka di laman tersebut. Kalaupun tidak, kamu bisa meminta portofolio perancang interior terlebih dahulu untuk memastikan apakah hasil desainnya bagus atau tidak.

3.Cari Minimal 3 Perancang Dengan Rincian Anggaran Terbuka

Cari Minimal 3 Perancang Dengan Rincian Anggaran Terbuka

Kenapa minimal 3 perancang? Supaya kamu bisa menimbang mana yang sesuai dengan ekspektasi dan anggaran kamu.

Setidaknya nanti kamu bisa mencari perbandingan yang tepat untuk kemudian kamu tentukan sebagai pilihan akhir.

Harga selalu menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih perancang interior karena ini bersangkutan dengan anggaran yang kamu miliki.

Pilihlah perancang interior yang terbuka tentang anggaran keseluruhan, baik itu harga jasanya hingga kebutuhan interior yang diperlukan.

Meskipun anggaran total tidak melulu bisa ditentukan di awal, setidaknya kamu tahu berapa perkiraan biaya.

Jangan ragu untuk mengkomunikasikan hal ini, karena masalah anggaran wajib didiskusikan di awal secara jelas dan terbuka.

Kamu juga butuh naluri dalam memilih perancang interior yang tepat, tapi bukan sebatas naluri saja. Melainkan gunakan nalurimu setelah melakukan riset, diskusi, dan pertimbangan yang baik.

Jika kamu merasa cocok dengan sang perancang interior, kenapa harus ditunda lagi? Kalau kebanyakan menunda bisa saja anggaranmu justru terpakai untuk hal lainnya.

Ada tiga pilihan harga yang biasanya ditetapkan oleh perancang interior, yakni berdasarkan ukuran per meter persegi, persentase nilai proyek, atau berdasarkan gambar.

Untuk perhitungan harga jasa desain interior per meter persegi, biasanya juga disesuaikan berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Berikut kisaran harga jasa interior per meter persegi:

  • Pemula, Rp50.000-Rp100.000 per meter
  • Berpengalaman, Rp150.000-Rp300.000 per meter
  • Sedangkan untuk perhitungan biaya berdasarkan persentase, biasanya kisarannya berada pada angka 3%-7% dari total nilai proyek.

Persentase tersebut juga menyesuaikan dengan skala proyeknya, semakin besar maka semakin kecil persentasenya.

Gimana? Sudah tau desain interior mana yang akan kalian pilih?

Tips Memilih Jasa Desain Interior Yang Cocok Untukmu!
Ditag di: